Alhamdulillah, Akhirnya Tuntas Amanah Mengawal Lahirnya Media Milik Umat, SERUJI

Alhamdulillah, hari ini, Ahad 9 Rabi’ul Akhir 1438H, bertepatan 8 Januari 2017, telah lahir media pertama dari Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (SMB) sebuah perusahaan pers dari Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia (GMKM). Media dalam bentuk Portal ini diberi nama Seruji yang beralamat di www.seruji.co.id

Pemberian nama Seruji berasal dari usulan KH. Luthfi Bashori, Ulama Nahdatul Ulama (NU) Malang Jawa Timur. Beliau mengusulkan nama tersebut dalam sebuah diskusi yang berlangsung di Whatsapp Group (WAG) Jurnalis GMKM pada medio Oktober 2016. Seruji adalah nama pahlawan lokal di Jember, seorang TNI dengan pangkat Letnan Kolonel yang ikut bertempur mempertahankan NKRI pada era awal kemerdekaan (wafat 1949 di medan tempur melawan Belanda).

Kata Seruji dapat juga bermakna SERU dan TeruJI, artinya berita yang berasal dari portal ini diharapkan menjadi berita yang mendapat perhatian masyarakat dengan didukung fakta dan data yang teruji. Beberapa diantara kami memaknai SERUJI sebagai sebuah Seruan Jihad, agar #MuslimKuasaiMedia di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Disisi lain, bagi saya pribadi, keberhasilan Pengurus Koperasi SMB meluncurkan portal seruji.com, sebuah kebahagian sekaligus kelegaan tersendiri. Tunai sudah kewajiban yang ada dipundak saya sebagai orang yang menggagas Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia. Kewajiban yang harus ditunaikan karena pada 1 Syawal 1437H, bertepatan 6/7/2016, saya melontarkan gagasan di twitter (@ferrykoto) agar Muslim di Indonesia Bergotong Royong untuk kuasai Media (baca disini). Gagasan yang disambut oleh netizens, dengan memberikan ribuan dukungan hanya dalam waktu beberapa hari. Selain banyak juga yang mencibir.

Dukungan di dunia maya pada gagasan #SejutaUmatGotongRoyong4Media kemudian mewujud di dunia nyata dengan terbentuknya Pengurus Daerah (Pengda) diseluruh Provinsi di Indonesia. Pengda inilah yang kemudian bekerja keras meyakinkan umat bahwa jika kita bersatu dan bergotong royong maka #MuslimKuasaiMedia akan berwujud nyata.

Kerja keras Pengda-Pengda tersebut ditopang oleh sebuah tim yang disebut tim verifikasi dan fasilitator nasional, yang sengaja saya bentuk untuk memverifikasi semua dukungan agar semua bisa bergerak dengan rapi. Tim verifikasi dan fasilitator ini terdiri dari orang-orang yang bekerja dengan ikhlas dan sukarela. Kami bersama-sama, bahu membahu, menggalang dukungan dan merapikan barisan.

Mereka adalah @iwan_ideas sebagai koordinator verifikasi nasional. @denirisman Koordinator wilayah Sumatera, @dalkit untuk wilayah Banten dan DKI, @hadi_m_irwan Koordinator Wilayah Jabar, Jateng dan Yogya, serta @harijayagunawan koordinator wilayah Jatim dan Indonesia Timur.

Ditangan 5 orang tim verifikasi inilah tanggungjawab membentuk WAG Provinsi dan terjadinya silaturahim di Provinsi antar para pendukung. Kami mendorong pendukung-pendukung di Provinsi tidak hanya saling kenal di dunia maya (WAG), tapi juga bersilaturahim di dunia nyata. Kami yakinkan bahwa untuk membangun barisan yang rapi harus tumbuh rasa saling percaya, dan kuncinya adalah silaturahim.

Saat silaturahim kami dorong mereka memilih pemimpinnya dalam berjamaah, karena barisan yang rapi dan kuat haruslah ada pemimpinnya. Akhirnya terbentuklah kepengurusan gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia (GMKM) di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Dikarenakan target Perusahaan pers yang akan kami bentuk adalah Koperasi, maka suatu Provinsi dapat membentuk Pengda GMKM jika jumlah anggotanya yang menjadi anggota Koperasi haruslam minimal 20 orang. Dengan ketentuan tersebut maka pengurus provinsi yang tidak memenuhi syarat minimal jumlah anggota dileburkan ke Pengda terdekat. Seperti Sumatera Barat yg digabungkan dengan Riau, dan Provinsi-Provinsi di Sumatera bagian selatan disatukan. Penyatuan ini dilakukan sampai provinsi bersangkutan bisa mandiri dan terpenuhi syarat jumlah anggota Koperasinya minimal 20 orang.

Hingga saat ini Pengda resmi GMKM berjumlah 12 Pengda. Pengda tersebutlah yang kemudian mengirimkan wakil-wakilnya untuk mendirikan Koperasi SMB di Surabaya pada 19-20 November 2016. Dan Alhamdulillah para pendiri yang datang dari seluruh Indonesia dengan biaya sendiri tersebut, dengan ruh juang yang tinggi akhirnya berhasil melahirkan Koperasi Swamedia Mitra Bangsa.

Salah satu keputusan yang diambil dalam Rapat Pendirian Koperasi SMB adalah dipilihnya saya secara aklamasi untuk jadi ketua Koperasi SMB. Innalillahi,..keputusan tersebut saya tolak, bukan tidak menghargai amanah, tapi usaha dibidang pers bukanlah kompetensi yang saya miliki, tidak layak bagi saya. Alhamdulillah, peserta Rapat pendirian dapat menerima argumentasi saya, dan akhirnya memberi amanah kepada saya untuk memilih dan menetapkan Ketua Koperasi SMB. Singkat cerita ditetapkan lah mas @hadi_m_irwan sebagai ketua waktu itu, yang kemudian karena satu dan lain hal digantikan oleh mas @iwan_ideas.

Akhirnya setelah melalui berbagai ujian, berbagai persoalan, yang tentu seharusnya menjadi bahan belajar, hari ini SERUJI.COM diluncurkan dalam sebuah acara soft launching.

Sebagai sebuah media yang didirikan akar rumput, umat yang bergotong royong baik dana, tenaga, dan keahlian, yang bukan merupakan profesional media, maka dapat dimaklumi jika peluncuran SERUJI.COM masih jauh dari sempurna. Tapi saya pribadi yakin, Seruji akan terus menuju sempurna, Insya Allah

Semoga ini akan jadi tonggak sejarah baru, dimana Gotong Royong yang jadi ciri rakyat negeri ini, kembali berwujud ditangan Muslim Indonesian. Semoga ini jadi tonggak sejarah lahirnya perusahaan Pers yang didirikan dengan jalan bergotong Royong, dalam bentuk Koperasi. Sungguh saya #BanggaSebagaiMuslim ikut membidaninya.

Dengan peluncuran ini, tunailah kewajiban saya sebagai yang telah “memprovokasi” agar #MuslimKuasaiMedia dan bergotong royong mewujudkannya. Selanjutnya pengurus Koperasi SMB bersama ketua-ketua Pengda se Indonesia lah yang memiliki tanggungjawab untuk memimpin dan mengawal agar cita-cita #MuslimKuasaiMedia berwujud.

Mari bersama-sama kita sebagai pendukung Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia maupun anggota Koperasi SMB memberikan dukungan penuh pada Pengurus Koperasi. Berjamaah, berbaris rapi, saling dukung, saling ingatkan, jangan bercerai berai. Insya Allah dalam waktu singkat #MuslimKuasaiMedia akan tercapai.

Dan jika ada perbedaan pendapat, silang sengketa dimasa mendatang, janganlah sampai menghancurkan apa yang dicita-citakan.

Sekali lagi selamat kepada pengurus Koperasi SMB dan seluruh anggota serta pendukung Gerakan GMKM.

Semangat !!

Wasssalam

Ferry Koto

Seorang Usahawan, Memimpikan Indonesia Yang Berdaulat, Yang bergotong Royong untuk Mandiri dan Bermartabat

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *