Wildly Important Goal : Focus pada sasaran yang terpenting dalam menghadapi Whirlwind

Focus pada Sasaran utamaSebagai seorang pemimpin selalu akan melihat demikian banyak peluang dan ide bagus yang bisa di terapkan untuk memajukan organisasi. Pemimpin yang cerdas dan ambisius akan selalu berusaha mewujudkan ide tersebut. Pada kenyataannya ditemukan bahwa semakin banyak sasaran yang ingin diraih, semakin banyak ide yang ingin di wujudkan maka semakin banyak kegagalan yang ditemui, semakin banyak team kehilangan komitmen, dan semakin tidak diketahui dengan jelas tujuan dari suatu organisasi.

Hal ini sebenarnya sudah diketahui oleh hampir semua pimpinan dari suatu organisasi, bahwa terlalu banyak sasaran akan mengurangi focus. Ibarat sinar matahari yang cahayanya terpencar tidak akan mampu membakar apapun, namun disaat sinarnya di focuskan, sebuah kertas akan terbakar hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Disiplin pada satu atau dua focus paling banyak, menjadi keharusan bagi setiap pimpinan organisasi, agar team dapat bergerak mencapai sasaran. Pilihlah focus yang paling penting dan menjadi target utama dari organisasi – Wildly Important Goal (WIG), agar organisasi dapat mengalahkan Angin Puting beliung -Whirlwind yang dihadapi anggota team sehari hari. Dengan memilih WIG yang tepat maka sasaran organisasi akan mudah dipahami oleh setiap anggota team dari level pemimpin hingga yang di bawah. Pada kenyataanya Sasaran Organisasi yang diturunkan dari atas bisa menjadi banyak cabang sasaran di organisasi paling bawah, bayangkan jika ditingkat paling atas, sasaran organisasi itu 3-5 sasaran, ditingkat bawah akan bisa menjadi 10-20 sasaran, dan dipaling bawah bisa jadi sudah menjadi ratusan sasaran sesuai bidang masing masing.

Kunci pertama dalam mengatasi Whirlwind adalah focus pada sasaran yang benar benar penting – Wildly Importan Goal. Pemimpin harus bisa manahan diri untuk mewujudkan semua idea yang melintas, ambil yang paling mendesak dan penting. Bersabar dalam melihat banyak peluang yang datang, ambil yang paling menguntungkan dan team siap untuk mewujudkan. Sehingga Team akan bisa membedakan mana Rutinitas sebagai whirlwind dan mana sasaran penting organisasi.

#Apa WIG organisasi anda saat ini?

Ferry Koto

Seorang Usahawan, Memimpikan Indonesia Yang Berdaulat, Yang bergotong Royong untuk Mandiri dan Bermartabat

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Wildly Important Goal : Focus pada sasaran yang terpenting dalam menghadapi Whirlwind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *